Senin, 14 November 2016

pantai kr. bolong

Selamat sore semua kali ini saya akan mengunjungi kampung halamanku Kebumen dan akan sedikit cerita tentang keindahan yang tersembunyi di Pantai Karang Bolong .Kebumen merupakan salah satu wilayah yang terdapat objek wisata pantai yang cukup unik dan menarik, Sesuai namanya pantai pesisir selatan ini memang terdapat banyak karang yang besar dan bolong yang menjadi sebuah gua, konon jaman dahulu gua karang blong ini adalah gerbang yang di lewati pantai selatan nyi Roro Kidul.

Pantai karang Bolong yang terletak di kecamatan Buayan, Kebumen pantai karang bolong kalau di tempuh dari selatan kota gombong di perkirakan 18 km atau 39 km barat daya dari kota kebummen.pantai karang bolong mempunyai hamparan pasir yang sangat luas dan di kepung oleh bukit bukit batu sedimenn klasik yang berasal dari gunung api, Sebagian batu batu ini tertutup oleh  lumut sehingga nampak cantik alami. batu batu ini juga mengalami abrasi atau pengikisan air laut yang menghasilkan bentuk yang unik.

Yang menjadi andalan pantai ini ialah Gua karangBolong, berupa lubang yang sangat besat berdiameter panjang 30 m x lebar 10 m dan tinggi 5m yang terletak pada timur pantai. Ada sebuah lubang yang sangat cukup menarik dengan sisipan batu batu pasir dan lempung, di perkirakan sudah terbentuk sejak 15-30 juta tahun yang lampau. Dan kawasan ini terkenal dengan sarang burung walet ini menjadi andalan Pemda kota Kebumen.

Pantai Karang Bolong Kebumen
Pantai Karang Bolong Kebumen
Untuk menyaksikan keindahan alam laut, Wisatawan dapat memilih beberapa tempat mulai bibir pantai, gardu pandang, dan di bagian ujung banyak pepohonan yang bisa buat berteduh di kawasan bibir pantai.

Di lokasi pantai ini juga terdapat gua tiruan atau di sebut juga gua petunjuk kenapa dinamakan gua petunjuk karena gua ini gi gunakan para pemburu sarang burung walet mencoba merakit ke dalam gua yang ada sarang waletnya.

Saat masuk lokasi ini pantai karang bolong, Wisatawan akan langsung menaksikan sebuah patung pengunduh sarang burung walet yang kokoh dan kuat.  di bagian timur terdapat pasanggrahan nyi roro kidul, baru setelah melewati pintu dan perjalanan di perkirakan 300 meter. Bagi pengunjung dapat langsung menyaksikan pantai karang bolong dari bibir pantai karena keindahan pegunungan seribu yang mejorok sampai  laut.

Demikianllah Refrensi Misteri Keindahan Alam Pantai Karang Bolong Kebumen Jawa Tengah yang mungkin membatu sobat dalam melakukan rencana liburan ke Pantai Karang Bolong. Dari kebumen kita lanjut ke sebelah timurnya yaitu menuju wisata pantai parangtritis di jogja jawa tengah.

sumber : http://jobwallstreet.blogspot.co.id/2015/10/misteri-keindahan-alam-pantai-karang.html

0 komentar:

Posting Komentar